PENGEMBANGAN AGRO WISATA GARUT DIDUKUNG KEUNGGULAN KOMPARATIF

Garut  News, ( Selasa, 12/10 ).

     Pengembangan agro wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat, di dukung keunggulan potensi sumber daya alam yang komparatif, antara lain sumber air panas alami Cipanas paling berkualitas di Indonesia.

     Selain jernih juga tidak berbau belerang, selain itu terdapat beragam obyek wisata alami yang belum tentu bisa ditemukan di daerah lainnya, ungkap Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda setempat, H. Budiman, SE, M.Si kepada Garut News, Selasa.

     Sehingga sektor pariwisata Garut, akan terus dipacu bisa banyak memberikan kontribusi terjadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), menyusul dari sekitar Rp90 miliar PAD Garut sebagian terdapat berasal dari pajak pembangunan restoran, rumah makan dan perhotelan.

     Juga retribusi obyek daerah tujuan wisata (ODTW), yang harus terus-menerus “dieskplore” keberadaannya, meski setiap ODTW dituntut dapat memberikan kualitas jasa layanan terbaik kepada para pengunjung, katanya.

     Maka perlu dilakukan pembenahan manajerial dengan mengutamakan aspek penyediaan sarana-prasarana wisata, termasuk sarana pendukung seperti akses jalan, sarana transfortasi juga pemeliharaan, agar kondisi potensi wisata tersebut tidak mengenaskan.

     Disusul kesiapan sumber daya manusia pengelola industri pariwisata, dengan keterampilan tinggi, sedangkan untuk meningkatkan citra kepariwisataan dapat melalui inovasi, dengan menyertakan pegiat serta pecinta pariwisata, supaya selalu mewujudkan sesuatu yang berbeda.

     Kemudian promosi wisata, antara lain gencar digelar pada momentum penting maupun event tertentu, diantaranya pada rangkaian peringatan hari jadi Garut sekaligus menampilkan beragam produk budaya etnik yang unik, katanya.

     Bahkan pertunjukan seni tradisional, bisa ditampilkan setiap menjelang penyelenggaraan seminar, lokakarya maupun workshop, sebagai upaya promosi yang efektif apalagi jika dihadiri berbagai kalangan dari dalam dan luar negeri.

    Sementara itu, Ketua DPC Garuda Putih Kabupaten Garut, Iman Hidayat menyatakan, lembaganya sebagai penghimpun dan pemelihara serta pengembangan beragam kesenian tradisional Sunda, agar tidak punah serta bisa tampil mengglobal.

      Karena itu, akan menyelenggarakan audence dengan para penentu kebijakan di lingkungan Pemkab dan Setda setempat, dengan harapan mendapatkan dukungan moril dalam mewujudkan misi organisasinya, yang sekaligus menunjang pengembangan industri pariwisata daerah, katanya. ***(John).

0 Response to "PENGEMBANGAN AGRO WISATA GARUT DIDUKUNG KEUNGGULAN KOMPARATIF"

Posting Komentar